Headlines News :
Home » » Mengenal Indera Penglihatan Anjing

Mengenal Indera Penglihatan Anjing

Written By Muhammad Yusuf on Sunday, June 26, 2011 | 8:42 AM

Dalam hal indera penglihatan ini nampaknya anjing tidak setajam manusia terhadap gambar dua dimensi, anjing tampak kurang sekali bereaksi, namun ketajaman penglihatan anjing justru dalam hal mendeteksi gerak. Objek yang bergerak dengan cepat dan tepat dapat ditangkap oleh mata anjing.
Banyak ahli yang melakukan percobaan mengenai indera ini diantaranya yang terkenal adalah F.J.J.Buytendÿk dan Bastian Schmid. Buytendÿk menemukan bahwa anjing-anjing tidak banyak bereaksi dan tidak membedakan segitiga, segiempat ataupun lingkaran dalam keadaan diam. Bentuk-bentuk ini dapat di bedakan oleh anjing kalau dalam keadaan bergerak di layar.
Bastian Schmid melakukan pengetesan untuk mengetahui jarak terjauh yang dapat dilihat oleh anjing. Disini dibedakan antara melihat dalam arti mengenali. Dalam percobaannya ia menggunakan 5 orang yang berpakaina sama dengan jarak antara masing-masing 3 sampai 5 meter. Satu demi satu orang-orang tersebut muncul dan diperhatikan reaksi amjing apakah dapat anjinf dapat mengenali pawangnya. Setiap kali pemunculan pawang anjing ikut, hanya tempatnya berpindah-pindah.
Ternyata anjing-anjing dapat mengenali pawang dari jarak terjauh yaitu 115 meter, sedangkan jarak terdekat adalah 5 – 10 meter. Namun bila orang dalam percobaan itu bergerak maka dari gerakannya anjing dapat mengenali kembali pawangnya dari jarak 130 – 150 meter.
Tentang apakah anjing dapt mengenali warna, masih banyak perbedaaan pendapat tentang materi ni. Dalam The British Journal of Psychology terbitan tahun 1912 dimuat hasil penelitian Smith seorang Inggris yang mengadakan percobaaan untuk meneliti apakah anjing buta warna atau tidak. Hasil percobaannya menunjukkan untuk warna kelabu tertentu anjing mengalami kesulitan untuk membedakannya. Hail ini mungkin karena di dalam kehidupan alamiahnya warna tidak memegang peranan penting bagi anjing.
Pendpat Smith ini ditentang oleh 3 penyelidik dari Rusia, sehingga hasil tersebut belum dapat dipakai sebagai patokan. Seperti telah dibahas diatas, bahwa anjing dapat mengenali gambar bergerak dilayar maka, setelah dilakukan percobaan didapat anjing dapat melihat bayangan dilayar dengan kecepatan yang sama seperti mata manusia yaitu kira-kira 18 gambar perdetik. Bahkan dari hasil penelitian didapatkan bahwa anjing dapat melihat dan mengenal kembali barang yang bergerak dilayar seperti benda sebenarnya, sehingga saat ini di Amerika ada TV untuk anjing dan kucing.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template