Headlines News :
Home » » Anjing Trah - Akita

Anjing Trah - Akita

Written By Muhammad Yusuf on Sunday, June 26, 2011 | 8:27 AM

Selama berabad-abad, Akita dipakai sebagai anjing pemburu dan penjaga di Jepang. Nama Akita sendiri diambil dari nama wilayah anjing ini berasal, yaitu di Odate, Akita, Pulau Honshu yang terletak di utara Jepang. Asal usul Akita sendiri merupakan hasil persilangan antara Matagi-Inu (anjing pemburu asli Jepang), Japanese Tosa (anjing petarung), dan anjing-anjing impor Eropa, antara lain Mastiff, Great Dane, Saint Bernard dan Bulldog. Dari hasil persilangan tersebut menjadikan Akita sebagai anjing pelindung, berani dan bebas. Di Jepang sendiri, Akita dianggap sebagai anjing pembawa keberuntungan dan kemakmuran.
Karakteristik, Sifat
Ekilas melihat Akita yang besar, bertulang besar, memiliki tinggi sampai lebih dari 60 cm (diukur dari bahu), kepala yang kokoh dan besar, ekor yang besar dan melingkar, maka kita akan menilai nahwa dia adalah anjing yang tangguh namun ramah. Selain itu, Akita adalah perpaduan ‘segitiga yang sempurna’. Telinga bebentuk segitiga yang terletak berdiri di atas kepala yang juga berbentuk segitiga. Matanya kecil, berwarna gelap, dan membentuk segitiga. Jika dilihat secara keseluruhan mulai dari kepala sampai ekor, Akita menunjukkan kekuatan dan kekokohan.
Tetapi walaupun Akita memiliki postur yang besar dan naluri pelindung yang kuat, mereka sebenarnya memiliki kebiasaan lebih seperti kucing daripada anjing. Mereka bisa memahami situasi, bahkan membaca pikiran Anda. Mereka pendiam, memiliki harga diri yang tinggi, seperti halnya kucing. Selain itu, Akita juga sangat berhati-hati jika berada di dalam rumah, dan hal itu sudah menjadi pembawaan Akita, karena rumah-rumah di Jepang, perabotannya sangat rentan terhadap anjing yang nakal.
Pemeliharaan, Pelatihan
Pembawaan Akita yang tenang dan hanya membutuhkan sedikit pelatihan, membuat Akita cocok dipelihara di apartemen. Namun meski begitu, mereka harus tetap diajak berjalan-jalan santai setiap hari untuk menjaga kesehatan mereka. Akita tidak suka mencari perhatian atau mengikuti ke mana Anda pergi, seperti anjing pada umumnya. Tetapi meskipun nampak seperti anjing pemalas, mereka tetap waspada dan mengamati Anda dan anggota keluarga Anda dari kejauhan.
Akita adalah jenis anjing yang jarang menyalak (kecuali pada saat melindungi tuan dan miliknya) dan sering membawa benda di mulutnya, pada saat Anda pulang ke rumah, dia akan menyambut Anda sambil mambawa benda di mulutnya. Pemilik Akita harus mewaspadai beberapa gangguan kesehatan yang sering menyerang anjing ini, seperti kembung (gastric dilatation-volvulus), kanker, atau masalah tulang. Pembiak Akita yang baik pasti akan menjelaskan resiko masalah tulang dan pencegahannya.
Kesetiaan, kekuatan dan inteligensi Akita menjadi tantangan tersendiri bagi pemiliknya. Hal pertama yang harus Anda ketahui, Akita adalah anjing pemburu yang baik dan hewan pemangsa yang efektif. Terkadang naluri pemangsanya bisa timbul dan bisa menyebabkan hal-hal di luar perkiraan Anda. Anda jangan berpikiran bahwa anjing ini cocok dibawa ke taman dan bermain bola, sebab Akita bukanlah jenis anjing yang suka berkelompok. Dia adalah jenis anjing yang cukup egois dan penyendiri. Akita akan merasa senang jika hanya dia yang dipelihara di dalam rumah Anda. Tetapi meskipun begitu, cukup banyak Akita yang bisa hidup berdampingan dengan anjing lain di rumah. Kuncinya hanya pada pelatihan dan sosialisasi sejak dini.
Pada awalnya, Akita memang dibiakkan untuk anjing pemburu, dan oleh sebab itulah anjing ini mungkin akan sulit dilatih. Anjing ini bukan Trah yang cocok untuk semua orang, sebab anjing yang tidak terlatih dan tersosialisasi akan menjadi anjing yang berbahaya. Mereka membutuhkan perhatian yang ekstra. Pemilik Akita yang potensial harus memahami bahwa Akita adalah jenis anjing yang tidak biasa. Akita akan bekerja dengan sepenuh hatinya untuk Anda, hanya jika dia melihat adanya hubungan dan penghargaan atas pekerjaan tersebut, dam aktivitas yang dilakukannya tersebut harus menarik perhatiannya. Dan lagi, mereka sangat membenci pengulangan.
Legenda kuno Jepang menceritakan tentang Akita yang menjadi pengasuh bayi, tetapi itu hanya legenda dan banyak pembiak yang memperingatkan akan bahayanya. Akita mungkin akan lembut, sensitif dan akrab dengan anak-anak Anda, tetapi terhadap anak tetangga Anda yang masih kecil, mungkin akan dianggapnya sebagai mangsa. Akita yang tidak disosialisasikan sejak dini dengan anak kecil, mungkin akan banyak membuat kesalahan di masa mendatang.
Pembiak Akita bekerja keras untuk memperbaiki temperamen anjing ini. Pada kenyataannya, dalam waktu 20 tahun ini temperamen Akita sudah banyak berubah, dan sudah cukup banyak anjing yang lulus ujian karya guna.   

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template