Headlines News :
Home » , » Gekko vittatus

Gekko vittatus

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 23, 2011 | 9:25 AM

NAMA: Gekko vittatus, whiteline-gecko, tokek stripe, tokek garis. Itu adalah nama yang paling sering digunakan.

SEKITAR GEKKO VITTATUS
: Tubuh mereka yang coklat, hijau dan memiliki garis putih disetiap sisi kepala yang menyatu dengan punggung dan berjajar turun kepangkal ekor.  Mereka memiliki bantalan kaki khusus yang memungkinkan mereka untuk mudah bergerak sepanjang permukaan vertikal. Mereka mempunyai kaki yang dapat merekat pada permukaan. Tokek ini mempuyai temperament yang jinak, walau mereka juga dikenal mempunyai temperament yang buruk bila "dikasari" atau "ditarik". Mereka akan mencoba menggigit. Walaupun begitu penanganan untuk keluar dari cengkeraman atau gigitan mereka yang kuat "TIDAK" sehebat sepupu mereka 'tokay gecko" yang mampu menembus kulit tipis sehingga gigitan mereka cukup menyakitkan. karena mereka memiliki otot-otot rahang yang kuat yang biasa digunakan untuk makan kumbang dan kecoa di alam liar. Menurut beberapa literature tokek ini dapat hidup antara 10-20 tahun atau lebih, walau ada yang mengatakan hanya 6-10 tahun saja.

PEMELIHARAAN: White-line gecko dapat kita temui, terus menerus mencari makan di sekitar kandang menjelajanh kandang dan makan. Set-up lah kandang dengan baik dan perawatan yang tepat bagi spesies bisa berguna bagi si tokek. Gunakan pasri/ tanah . campuran gambut untuk substrate kandang. Seperti kebanyakan arboreal lain (hewan yang tinggal di pohon) khususnya tokek mereka mempunyai kulit yang sensitive, tipis dan dapat luka dengna mudah. Tokek ini mempunyai daya tahan tubuh yang lumayan kuat, sehingga mudah dipelihara sebagai 'pet'. Tokek ini adalah reptil yang sempurna sebagai tmapilan untuk pemeliharaan di terrarium. Panjang si tokek dapat mencapai hingga 25cm. Jasi sebelum anda memelihara, pastikan: Apakah terrarium baru benar-benar telah disiapkan sebelum anda membawa ''teman baru" anda?
Selain itu pastikan jika anggota keluarga baru anda tersebut diperbolehkan hadir ditengah keluarga anda. Pastikan pula, jika anda mempunyai cukup waktu untuk merawatnya dengan cukupe perhatian. Paling tidak, luangkan waktu anda untuk merawatnya -/+15 menit sehari, dan cukup 2-3X saja dalam seminggu. Jangan lupa untuk membersihkan kandang dari sisa jangkrik, ulat dan cacing makanannya yang tersisa/ tidak termakan.

Aturlah suhu antara 27-29,5C. Anda juga dapat menyiapkan sebuah lampu penerang atau sebuah lampu panas atau emitor panas keramik yang mempunyai sumber panas yang baik untuk siang hari dan juga malam. Lampu malam merah atau pemancar panas cermic adalah pilihan yang baik. Perhatikan pengaturan lampu, jangan sampai si tokek dapat memanjat terlalu dekat dan menyebabkan luka bakar pada si tokek. Juga tidak disarankan menggunakan batu pemanas, heat mat, rock heather. karena ditakutkan mereka sering berkosentrasi didekatnya. Panas yang extrim dapat menyebabkan luka bakar pada si tokek.

MAKANAN / DIET
: Tokek garis dapat mengatur pola makanannya sendiri dengan baik. Tinggal kita yang mengatur pada pola diet yang terdiri dari berbagai vitamin, kalsium. Makanan diet yang baik diutamakan dari jenis serangga, misalnya jangkrik. Berbagai serangga lain dapat ditambahkan untuk varietas kecoak, belalang, cutworms dan ulat sutera (waxworms dan mealworm, dapat diberikan sebagai selingan). Makanan sisa jangan lupa dibershihkan 4-6jam setelah "terbengkalai" didalam kandang untuk mencegah pembusukan. Seekor tokek harus diberi makan 3-4x seminggu. Beberapa tokek remaja dapat diberi makan 2x sehari selama masa pertumbuhan. Semangkuk air dangkal harus disediakan dan diganti bila kotor. Pastikan segala kebutuhan tercukupi, baik makanannya maupun air minum nya.
Untuk hasil yang maximal berikan si "umpan" anda makanan yang bergizi dari berbagai sayuran, buah, kentang dan makanan serangga lainnya untuk setidaknya 1x24 jam sebelum si umpan di makan si tokek. Dapat juga penggunaan vitamin dan mineral yang tepat untuk menambah kesehatan dan vitalitas si tokek lebih dapat terjaga dan tentunya mengurangi resiko penyakit tulang metabolik. Cobalah beberapa jenis obat/vitamin yang dapat ditemukan di toko obat/apotik sekitar kita seperti Rep-cal calcium/ Vit D3, herptivite, dan mineral-all.

HABITAT: Jantan dari tokek ini bersifat teritorial, sehingga bila ingi memelihara hewan ini lebih dari seekor dalam kandang siapkanlah sebuah terrarium kaca dengan diberi jaring kasa pada atas/samping kandang untuk mendapatkan ventilasi yang berkerja baik.
Kandang yang tinggi dan besar akan sangat disukai si tokek. Sirkulasi pertukaran udara yang tepat harus pula difikirkan. kandang harus meliputi tempat berjemur dengan mendaki menggunakan beberapa cabang atau ranting. Daerah bersembunyi yang cocok dan "nyaman" dan daerah pertukaran udara. Kita dapat menggunakan kulit kayu berlapis untuk memudahkan bersembunyi si tokek dan area mencari makan buatan serta tumbuhan alam untuk membantu menciptakan tampilan yang alami. Tokek perlu ruang untuk memanjat sehingga berikanlah campuran cabang kayu, kayu apung, corkbark, bambu, dan tanaman merambat di berbagai ketinggian dan orientasi.
Tambahkan berbagai sutra dan / tanaman hidup yang kokoh (misalnya dracena, tanaman ular) karena mereka akan bersembunyi di tanaman. Sediakan pula hiding cave, kulit kayu, atau item lainnya yang cocok untuk sembunyi/bermain di "playing ground".
hidangan air di tempat air kecil dangkal dapat diberikan, meskipun mereka lebih suka minum dari tetesan air dari daun. 
Ketika dua atau lebih tokek yang diinginkan, sangat pentig bahwa observasi harian/mingguan pada si tokek untuk menghindari perilaku agresif. Jika sering terjadi agresi "CATAT!". Satu atau lebih reptile anda mungkin harus segera dihapuse secara permanen dari kandang.

PENCAHAYAAN: Gekko vittaus aktif di malam hari / nocturnal, sehingga tidak perlu lampu UV khusus. Namun banyak ahli memberikan pendapat bila memberikan tingak pencahayaan UV ringkat rendah masih memberikan tingkat kesehatan pada si tokek secara menyeluruh. Anda juga harus memastikan, bagaimanapun juga tokek dapat bersembunyi dari cahaya jika diinginkan, berikan lah tempat bersembunyi yang memadai. Sebuah lampu merah waktu malam memungkinkan mereka melihat aktif waktu malam hari.

TEMPERATURE
: Idealnya suhu siang hari untuk si tokek berkisar antara 27-29.5C. Selain itu lampu berjemur harus digunakan pada salah satu ujung kandang untuk mempertahankan suhu lokal 28 derajat. Malam hari suhu harus tetap apda 25-38C. Atau mudah nya untuk menjaga kestabilan suhu, gunakanlah lampu. Kelembapan untuk si tokek harus dipertahankan sebesar 75% atau lebih tinggi.
tokek sebagian besar memerlukan pencahayaan ultraviolet untuk menjaga kesehatan yang baik, meskipun malam hari tokek tidak memerlukan pencahayaan ultraviolet. Jika itu adalah bagian dari desain habitat, disarankan selama 12jam sehari penggunaan cahaya. Penggunaan timer akan membantu dalam menjaga jadwal akurat periode cahaya dan suhu.

DISTRIBUSI PENYEBARAN (asal Indonesia-Australian archipelago)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template