Headlines News :
Home » , » Memelihara kelomang

Memelihara kelomang

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 23, 2011 | 9:54 AM

Seperti yang anda dapat tebak sebelumnya, memelihara kelomang (land hermit crab) lebih dari sekedar makanan dan garam. Persiapan pertama untuk  kelomang dapat lebih daripada anda perkirakan sebelumnya. Berita baiknya adalah tidak akan ada biaya besar seperti biaya untuk dokter hewan, untuk makanan atau obat yang mahal, tidak ada produksi untuk crabitat anda, atau cacingan atau penataan rambut. Biaya utamanya adalah rumahnya, pemanas, alas, pengukur, tempat minum, kolam dan tempat makanan, dekorasi, background dan barang lainnya seperti seashell, spong laut, sumber kalsium atau sejenisnya. Jika anda tidak dapat memenuhi kebutuhan dari kelomang ini, maka sebaiknya and menunggu sampai anda dapat memenuhinya. Lebih baik anda memiliki tempat yang telah siap dipakai daripada panik di menit-menit terakhir pada waktu moulting (ganti kulit) atau moutling pertama.  Umumnya semua hewan peliharaan memiliki biaya pertama untuk dapat membuat hidup mereka nyaman dan memiliki rumah dan lingkungan yang menyenangkan.
Kebalikan dari kepercayaan pada umumnya, kelomang adalah bukan hewan peliharaan buangan dan mereka juga patut mendapatkan perawatan seperti hewan peliharaan lainnya. Sebelum anda membeli kelomang lihatlah checklist dulu. Jika sewaktu-waktu anda mengetahui bahwa  anda tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan kelomang anda, atau anda memutuskan bahwa kelomang bukan hewan peliharaan untuk anda, maka sebaiknya anda mencoba mencari teman anda yang dapat merawat mereka dengan baik.
Alternatif lainnya, anda dapat menaruh mereka untuk diadopsi di The Crab Street Journal Adoption Center. Pemilik kelomang dari seluruh dunia ikut berpartisipasi di dalam society yang dikenal sebagai the Land Hermit Crab Owners Society, dengan forum utamanya di Hermies Yahoo! Group dan Auslandhermitcrabs Yahoo! Group.  Society's journalnya tersedia dalam versi online yang juga dicetak setiap tiga bulan sekali. Versi website yang diperbaharui sebulan sekali. Untuk lengkapnya, kunjungi http://www.crabstreetjournal.com untuk informasi tentang bagaimana mendaftar untuk adopsi kelomang atau menaruh kelomang anda untuk diadopsi.

Yang diperlukan

Produk-produk yang dianjurkan untuk perawatan kelomang yang optimum.

Kelomang sering diiklankan sebagai hewan peliharaan yang murah dan mudah dirawat meskipun pernyataan itu belum tentu benar. Untuk mejaga kelomang anda supaya senang dan sehat, anda akan perlu memberikan lebih dari sekedar makanan dan air. Di bawah ini adalah daftar yang barang-barang yang penting yang anda perlukan untuk kelomang anda:

Aquarium

Aquarium dengan tutup dapat membantu menjaga suhu dan kelembaban dalam habitat kelomang. Ini juga dapat membantu mengurangi lumut dan kuman bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dan juga kematian pada kelomang, sering ditemui dengan bau musty dan bau pesing amonia.

Alas/Substrate

Alas adalah material yang ditaruh didasar aquarium dan membuat pantai dalam crabitat anda. Alas yang popular adalah pasir pantai yang telah dibersihkan; pasir bebas silica, batu batuan sungai, hancuran pasir koral laut, Calci Sand dan pasir lainnya yang aman untuk kelomang anda dan suhu di lingkungan anda. Anda perlu ketinggian yang cukup untuk kelomang untuk menutupi kelomang terbesar anda; dua kali dari tinggi mereka untuk cukup mengubur diri mereka.

Pemanas dasar aquarium (under tank heater)

Pemanas dibawah aquarium adalah pad pemanas yang dibuat khusus untuk hewan kecil dan reptil. Merek yang popular adalah FMR, Four Paws, Petzone, ZooMed, ExoTerra. Pemanas dasar aquarium ini dapat dipakai untuk menjaga kelomang hangat dengan menghangatkan secara perlahan dari dasar aquarium yang kemudian menghangatkan pasirnya. Anda memerlukan thermostat untuk mengatur kehangatan pasir dalam aquarium jika pemanas buatan ini dapat melebihi 26 C.

Tiga wadah

Gunakan mangkok non-metalik, tidak berlubang untuk tempat minum air segar, satu lagi untuk air garam dan satu lagi untuk makanan.

Makanan

Kelomang anda telah terbiasa makan berbagai makanan dan membutuhkan campuran makanan daging dan sayuran seperti pellet,  makanan pokok yang kering yang tidak habis cepat seperti makanan segar yang mereka butuhkan secara rutin. Contoh makanan dapat mangkok dengan hancuran pellet Aussie Hermit Crab Pellets, ditaburi dengan makanan tropis dan kerang scallop dengan makanan segar seperti anggur, beras, ikan atau sayuran. Coba mengganti makanan dan beri dalam porsi kecil untuk menghindari busuk.

Spong Laut

ImageSpong laut alami ditaruh ditempat minuman untuk memberi kelembaban dan moisture di tropical crabitat anda. Taruh satu spong di tempat air minumnya untuk mengurangi tumpahan dan menambah kelembaban.

Thermometer

ImageThermometer dipakai untuk memantau suhu di dalam aquarium. Thermometer tersedia dalam tiga jenis: Jenis yang ditempel di aquarium, stiker yang dapat berubah warna waktu suhu di aquarium naik; thermometer reptile bulat bekerja berdasarkan seperti per yang kontrasi dan expand; digital thermometer yang menggunakan probe dan dapat mengukur suhu di lokasi yang berbeda.

ImageHygrometer

Hygrometer digunakan untuk memantau kelembaban dalam aquarium. Seperti suhu, kelembaban juga sangat penting. Jika kelembaban turun dan udara menjadi kering, kelomang anda akan mengalami kesulitan bernafas dengan insangnya, yang berfungsi sebagai paru-paru pada waktu basah dan berfungsi dengan benar.

Water Conditioner

Water conditioner sangat penting jika kwalitas air tidak sesuai untuk dipakai untuk ikan dalam aquarium. Penting menghilangkan zat yang berbahaya dari air ledeng seperti kaporit/klorin dan zat metal berat yang dapat menyebabkan kelomang sakit.
Stress Coat® dari Aquarium Pharmaceuticals dapat dipakai untuk memandikan kelomang anda. Anda hanya memerlukan satu atau dua tetes ke dalam air hangat, jadi satu botol kecil akan cukup untuk jangka waktu yang lama.

Garam kelomang

Garam untuk kelomang biasanya garam batu atau garam laut yang aman untuk kelomang. Ditambahkan di kolam air asinnya di aquarium anda dengan tempat minum air tawar. Jangan pernah menggunakan garam untuk masak.

Bak mandi

Bak mandi digunakan untuk memandikan kelomang kamu. Kedalamannya harus cukup dalam supaya kelomangnya tidak dapat memanjat.

ImageBotol semprotan air (mister)

Botol semprotan air dapat menghasilkan butiran air yang halus, untuk membasahi insang kelomang. Semprotan ini sangat berguna jika anda berpergian dengan kelomang anda atau pada saat udara yang kering. Gunakan dengan benar dan rawat airnya jika perlu.


Daftar Pemeriksaan Perawatan: Harian, Mingguan, Bulanan

Harian

Ganti makanan dan minuman di crabarium
Angkat semua makanan dari tercecer di alas setiap hari.
Luangkan waktu untuk memperhatikan aquarium dan pastikan alasnya bersih dan kering.
Pantau suhu dan kelembaban dan sesuaikan.
Coba memegang kelomang kamu setiap hari, khususnya waktu mereka hendak mengenali kamu, beri mereka makanan seperti kismis dll.
Cuci spong sampai bersih. Remas spong sampai semua airnya keluar dan rendam ke air dan kembalikan ke aquarium.

Mingguan

Angkat semua sisa-sisa makanan berceceran dan bersihkan tempat air minum dan tempa makana.
Lap aquarium dengan  lap basah dan periksa kondisi alasnya
Rotasi kan shell di dalam crabarium

Bulanan

Bersihkan crabarium. Keluarkan semua yang ada di dalam aquarium. Pindahkan kelomangnya dulu, lalu kayu, tempat makanan, tempat minuman, batu dan shells. Lalu keluarkan pasirnya dan cuci dengan air sampai airnya keluar bersih.
Lap crabarium dengan lap yang bersih
Cuka hanya satu produk pembersih yang saya dapat anjurkan. Ingat jangan menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kelomang kamu.
Jemur crabarium yang masih basah di bawah matahari, juga alas pasirnya.
Cuci semua mangkok, kerang, dan mainan yang ada sebelum menggembalikan kelomangnya ke rumahnya yang sudah bersih.

Tanggung Jawab Pemelihara

Mengapa memelihara kelomang sebagai hewan peliharaan?

Kelomang adalah hewan peliharaan yang menarik yang mana jika dipelihara dengan baik, sehat and senang, mereka dapat hidup sampai beberapa tahun. Jika anda mau membeli barang-barang kebutuhannya:  pemanas, kelembaban, tempat persembunyian, kebersihan, makanan dan air yang sesuai  maka anda telah setengah jalan menuju pemeliharaan kelomang yang sehat. 

Pilih dengan baik

Sangat penting anda memilih kelomang yang cocok untuk keluarga anda dan crabitat. Jika anda hanya memiliki ruangan untuk crabitat yang kecil di rumah anda, maka lebih baik anda memilih kelomang yang kecil. Kelomang yang besar memerlukan ruangan yang lebih luas untuk mereka berkeliaran dalam aquarium dan juaga memerlukan tempat minum dan makanan, tempat persembunyian dan lainnya lebih besar. Juga penting, jika anda memiliki anak kecil, jangan membeli kelomang besar yang dapat mencubit kulit dengan capitannya. Banyak kelomang yang lebih besar takut terjatuh dan mereka akan berpegangan jika mereka merasa dalam bahaya. Untuk anak-anak lebih baik memilih kelomang ukuran kecil. Meskipun mereka mencapit, tidak akan sakit atau membahayakan.

Gaya hidup keluarga anda

Kelomang memerlukan makanan dan air baru setiap hari. Jika berpergian lebih dari dua hari dan anda tidak dapat untuk memberi kebutuhan penting ini, maka sangat penting untuk anda mencari orang yang dapat memelihara kelomang anda.  Tempat minum cadangan dapat membantu dalam persediaan air selama sehari jika anda bekerja. Tempat minum reservoir dapat menampung air untuk beberapa hari dan bekerja seperti tempat minum anjing/kucing hanya lebih kecil saja.

Lingkungan rumah anda

Anda akan perlu mendapatkan tempat yang sesuai dalam rumah anda untuk penempatan crabitat kelomang anda.  Ditempat di mana jauh dari drafts dan jauh dari bahan-bahan kimia, inksetisida, atau asap. Lokasi umunya adalah di ruang keluarga/tamu atau di kamar, tetapi suara kelomang berpesta pada malam hari.
Jika memungkinkan, crabitat sebaiknya ditaruh jauh dari daerah yang ramai untuk mendapatkan privasi dan tidak berisik .

Waktu anda

Anda akan memerlukan paling sedikit lima menit di pagi dan malam hari mengisi kembali air dan makanannya, membersihkan alas dari makanan yang jatuh atau yang dipindahkan dari mangkok makanan and memeriksa tanda-tanda adanya masalah atau penyakit.  Lihat daftar pengecekan/pemeriksaan untuk informasi lebih lanjut tentang apa yang diperlukan setiap hari, minggu dan bulan.

Biaya

Set up pertama adalah sesuatu yang anda dapat lihat sebagai kebutuhan penting.  Tidak ada kompromi untuk crabitat, pemanas, pengurku, alas dll. Mereka semua adalah pengeluaran yang perlu anda beli dan anda perlu menyiapkan crabitat terlebih dahulu sebelum membeli kelomangnya atau kelomang anda tidak dapat hidup lama.

Mulai dengan langkah kanan yang benar.

Dimana saya harus beli?

Sangat penting untuk membeli kelomang dalam keadaan sehat yang baik, karena sangat sukar untuk memperbaiki apa yang telah terjadi di masa lampau, khususnya kesehatan yang buruk yang menyebabkan kuman bakteri dan jamur.

Belilah di petshop yang memiliki macam-macam kelomang dan perlengkapannya atau paling sedikit dari petshop yang dapat menyediakan barang atas permintaan anda. Jika petshop tersebut menjual kelomang dengan alas serutan kayu atau alas yang tidak sesuai maka carilah toko lainnya yang menyediakan kelomang yang sehat yang mulai melangkah dengan kaki kanannya.

Studi telah membuktikan bahwa kondisi yang buruk dan penjagaan kesehatan yang buruk akan menuju kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan kaki-kaki mereka copot, lumutan dan jamuran, membuat mereka stres dan tidak dapat hidup lama. 

Pertimbangan yang penting

Apakah kelomang memiliki tempat yang tidak stress?

Setiap kelomang sebaiknya dapat mundur ke sekitar persembunyian yang aman, gua, atau ruangan diman mereka dapat merasa nyaman dan aman di lingkungannya.

Apakah setiap kelomang memiliki tempat ruangan yang cukup untuk mengali dan mengganti kulit (moult)?

Moulting adalah penyebab utama banyaknya kelomang yang mati dalam pemeliharaan . Mereka memerlukan kondisi moulting yang cukup atau mereka tidak akan selamat. Alas pasi harus cukup dalam sehingga ketingginan alasnya dua kali dari ukuran kelomang pada satu sisi aquarium. Anda harus menyediakan tempat pengasingan kecil untuk setiap kelomang dan jika memungkinkan siapkan sebelumnya.

Apakah ada tiga rumah kerang untuk setiap ukuran kelomang?

Setiap kelomang sebaiknya dapat menemukan paling sedikit tiga rumah kerang untuk besar dan bentuknya.  Rumah kerang sebaiknya termasuk rumah kerang yang umumnya dipakai untuk kelomang. Jika kelomang anda tidak dapat menemukan ukuran yang cocok, kelomang anda dapat menjadi seperti kepiting. Jika anda tidak dapat memberi rumah kerang yang cocok untuk setiap ukuran kelomang maka sebaiknya anda pelihara kelomang-kelomang yang sama besar. Paling sedikit mereka dapat memilih beberapa rumah-rumah kerang yang ada.

Agresif

Sering kali kelomang yang lebih besar lebih agresif daripada yang kecil. Tidak baik untuk memilih kelomang yang sangat agresif, karena mereka akan terus menjadi agresif di aquarium anda..

Tanda-tanda penyakit

Jika anda melihat tanda-tanda sakit pada kelomang saat di petshop, sebaiknya jangan dibeli, khususnya jika ada tanda-tanda lumut, bakteri, kutu, jamur atau penyakit lainnya yang dapat menular kelomang anda yang dirumah. Petshop seharusnya tidak menjual hewan yang sakit. 
Share this article :

1 comment:

  1. tulisan yang menarik dan bermanfaat, kebetulan saya juga baru memulai memelihara kelomang

    ReplyDelete

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template