Headlines News :
Home » , » landak Hedgehog

landak Hedgehog

Written By Muhammad Yusuf on Thursday, June 23, 2011 | 9:46 AM

Hedgehog adalah mamalia insektivora kecil yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Mereka adalah hewan asli di Inggris, Eropa, Afrika dan Asia. Hedgehog yang sekarang dipelihara sebagai hewan peliharaan di Amerika Utara adalah hedgehog pygmy dari Afrika Tengah.
Karena tidak ada jenis hedgehog yang hidup di Kanada maupun di Amerika, banyak orang masih beranggapan bahwa hedgehog domestik adalah landak (procupine). Yang sebenarnya mereka benar-benar berbeda dan tidak berhubungan.  Sementara bulu landak benar-benar runcing, berduri,  dan sangat berbahaya; bulu hedgehog rata dan tidak sampai runcing. Memegang hedgehog dapat dimiripkan seperti sikat rambut – kasar tetapi tidak berduri.
Berat rata-rata hedgehog pigmi Afrika sekitar ½ to 1 ¼ pounds dan panjang sekitar 15 to 20 cm hampir seukuran marmut. Ada beberapa yang dapat tumbuh sampai 1 ¾ to 2 pounds dan yang lainnya hanya seberat 6 or 7 ounces.

Sebaiknya anda menaruh peliharaan anda di dalam rumah pada suhu ruangan; dapat dikasih makan makanan formulasi untuk hedgehogs atau makanan kucing kering yang berkwalitas.

Selain dapat dinikmati sebagai hewan peliharaan, memelihara hedgehog juga dapat menjadi hobi yang aktif. Terima kasih kepada International Hedgehog Association, sekarang juga ada sistem show/pameran dan standar sempurna akan hedgehogs pigmi Afrika.

Dimana tempat yang terbaik  untuk membeli hedgehog?
Jawaban dari pertanyaan ini bermacam-macam tergantung dari banyak faktor, tetapi ada beberapa pedoman dasar. Umumnya, lebih baik membeli hewan peliharaan dari peternak daripada toko, tetapi sayangnya ini tidak selalu mungkin.  Dimana pun anda beli akhirnya, pastikan peternak atau toko tersebut mempunyai paling sedikit informasi akan umur dan latar belakang akan hedgehognya.

Jika ada beberapa hedgehog untuk yang dipilih, hedgehog mana yang harus saya pilih?
Anda dapat memilih satu ekor hedgehog karena mereka hidup menyendiri dan umumnya tidak suka bersama-sama dalam satu kandang. Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau mengembang-biakan. Hedgehog siap untuk berkembang-biak paling cepat 8 minggu tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan,  jadi berhati-hatilah.
    
Anda dapat memutuskan antara pergi ke toko atau melihat iklan atau membeli dari salah satu breeder. Dimanapun anda putuskan untuk membeli, carilah hewan yang baik kesehatannya.
Watak – Ini adalah salah satu yang penting dan sebaiknya menjadi satu faktor keputusan apakah anda akan membeli hewan itu atau tidak. Setelah memilih salah satu calon, telitilah dengan baik. Apakah dia membuka gulungan setelah beberapa detik? Apakah dia mengklik, lompat atau mendesis? Mendesis tidak apa-apa. Dia hanya sedikit takut terancam anda karena dia tidak mengenal anda. Tetapi mengklik berarti dia mencoba mengancam anda. Sikap ini tidak dapat diterima dan sebaiknya anda mencari hedgehog lainnya yang sifatnya lebih baik. Setiap hedgehog  berbeda dan unik. Beberapa suka bermain dan bertualang, sedangkan yang lain mungkin lebih suka dielus dan dipeluk. Anda akan lebih puas dengan hewan peliharaan anda yang baru jika anda memilih salah satu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup anda.

Memilih hedgehog yang sehat.

Perhatikan berikut ini:
  • Apakah matanya baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan?
  • Apakah hidungnya bersih dan tidak meler?
  • Apakah telinganya pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya? Seringkali telinga dikunyah oleh anaknya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu dikhawatirkan.
  • Apakah bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut?
  • Periksa kandangnya, apakah kehijauan atau ada bekas diare?
  • Apakah badan hedgehognya gemuk? (bukan lemak)
  • Taruhlah ditempat yang datar seperti meja dan lihat dia berjalan. Apakah dia terhuyung-huyung atau kesulitan untuk tetap tegak?
  • Apakah anda mendengar derikan pada saat dia bernafas? (Jangan buat kekeliruan, hedgehod “berbicara” saat chirping(siulan), purring atau cheeping untuk bunyi derik radang paru-paru.      

Jenis kelamin hedgehog

Betina dan jantan keduanya sama dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jadi keputusan ini tergantung pada anda sendiri. Anda dapat cepat membedakan jantan atau betina. Jika hedgehog jinak dan bersahabat, perlahan putar roll over dan lihat ke daerah ekornya. Alat kelamin betina dekat dengan anus, sementara alat kelamin jantan agak keatas perutnya. Jaraknya kurang lebih 1,5 cm pada anak/hoglet jantan. Tetapi, jarak ini bertambah menjadi 2 cm atau lebih pada saat dewasa.

Umur berapa sebaiknya sebelum hedgehog dapat di bawah pulang ke rumah?
Jangan pernah membawa pulang ke rumah sebelum umurnya paling sedikit enam minggu. Hedgehog yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa hedgehog muda, lebih baik kesempatannya mennjalin ikatan dengan anda.
       

Kandang macam apa yang mereka perlukan?

Hedgehog anda akan membutuhkan rumah yang aman karena mereka termasuk pemanjat yang baik dan dapat mudah sekali keluar dari kandang jika tutup atasnya terbuka yang umumnya kandang untuk marmut atau kelinci. Jika anda menggunakan kandang dengan atas terbuka, kandang tersebut harus memiliki daerah licin/datar paling sedikit tingginya 30 cm dan memiliki area lantai 40 x 60 cm. Aquarium 60 cm juga cukup sesuai. Tetapi juga harus memiliki sirkulasi yang baik dan penerangan yang cukup tetapi jangan terkena sinar matahari langsung pada siang hari.
      

Penaruhan Kandang

Taruhlah rumah baru hedgehog anda di daerah yang nyaman, hangat, pencahayaan yang cukup, bebas dari sampah dan sinar matahari langsung. Mereka paling nyaman pada suhu antara 18-27 derajat Celsius.

Sebagai tambahan kandangnya, hedgehog anda juga akan membutuhkan perlengkapan dibawah ini:
  • Alas: serutan aspen, pinus adalah pilihan yang terbaik untuk alas/bedding. Jangan serutan cedar. Tongkol jagung (corn cobb) yang telah dihancurkan juga dapat menjadi alas yang baik dan aman dipakai untuk betina dan yang dewasa, tetapi sebaiknya tidak dipakai untuk jantan yang masih mudah. Taruh alas setinggi kira-kira 5 cm  secara rata di lantai kandangnya.
  • Tempat Makanan: Tempat makanan perlu cukup lebar dan berat untuk mencegah hedgehog anda membalikan isinya dan menggunakannya sebagai mainan. Keramik kecil yang digunakan untuk roden kecil adalah tempat makanan yang baik untuk hedgehog.  Lebar atau diameter tempat makanan bisa 8 – 16 cm dan ketinggiannya sebaiknya jangan melampui dari 8 cm.
  • Botol air: Botol air lebih baik daripada tempat minum yang terbuka. Hedgehog suka sekali mengisi tempat air minumnya yang terbuka dengan serutan sehingga menyulitkan mereka sendiri untuk mendapatkan air yang cukup.
  • Tempat persembunyian: Ini dapat yang sederhana seperti pipa pvc 4 inch, teko plastik, atau kotak bekas sepatu ditambah dengan lubang. Kotak ini sebaiknya diganti setiap 2 atau 3 minggu. Sekali.
  • Kotak kotoran(litter box): Hewann peliharaan anda akan menggunakannya jika anda menyediakannya. Kotak kecil dalam 5 cm, 15 x 20 cm, setengahnya cukup diisi dengan cat litter yang bebas debu.

Makanan apa yang saya harus berikan dan berapa banyak?

Meskipun di beberapa toko tersedian makanan hedgehog, makanan kering diformulasikan untuk kucing dan anak kucing merupakan pilihan yang sama baiknya. Apapun makanan yang anda pilih, sebaiknya ditambah dengan makanan variasi lainnya seperti sayuran, ulat hongkong mealworm, dan jangkrik, daging yang telah dimasak dan buah-buahan dan sayuran. Tetapi makanan tambahan ini sebaikanya tidak diberik lebih dari 3 atau 4 kali dalam seminggu. Makanan kering sebaiknya menjadi makanan utamanya. Sementara makanan kering dapat diberikan secara bebas untuk semuanya, tetapi untuk hedgehogs yang kegemukan tambahannya sebaiknya hanya diberikan tidak lebih dari 15 menit lalu angkat sisanya.
  

Perawatan dan Penanganan

Waktu anda membawa pulang hedgehog yang baru, taruhlah dia di kandang dan biarkan dia sendiri paling sedikit sehari. Anda dapat mengangkat dan memegangnya sekali atau dua kali dalam beberapa menit di hari pertama, tetapi ingat, kemungkinan hedgehog memerlukan seminggu sebelum dia serasa seperti dirumahnya sendiri lagi.
Bayi hedgehogs memerlukan tidur yang cukup pada bulan pertamanya setelah dia bersama anda, jadi jangan terlalu khawatir jika pertamanya dia banyak tidur.

Kegemukan

Karena alaminya hedgehog yang sehat sedikit gendut di sisinya, maka membedakan antara hedgehog gemuk sehat dan hedgehog yang benar-benar kegemukan agak sukar. Juga banyaknya variasi ukuran pada saat ini, maka hedgehog yang kegendutan bisa seringan 8 ons sampai seberat 2 pounds. Sehingga pedoman berat jarang digunakan dalam mengenali/mengidentikasikan hedgehog yang kegemukan.
Yang lebih banyak berguna adalah dengan melihat memeriksa setiap minggu atau setiap bulan pada kaki depan dan dagunya. Sementara pada hedgehog yang normal sedikit gemuk pada dua lokasi ini, hedgehog yang kegemukan akan memiliki lipatan atau double-chin dan ham-hock pada kaki dan kadang-kadang gulungan lemak pada ketiaknya. Bahkan hedgehog yang sangat kegemukan tidak dapat menggulung dirinya sendiri menjadi bola.
Jika hedgehog anda menjadi gemuk, hilangkan semua cemilan/traktiran dari makanan merek tetapi jangan mengurangi jumlah makanan kering – sumber protein utama yang diperlukan, vitamin dan mineral. Jika setelah sebulan, anda tidak melihat tand-tanda berat badan turun, ganti jenis makanan kering yang anda kasih dengan makanan yang kandungan lemak 20%. Secara teori, penambahan lemak akan menyebabkan hewan peliharaan anda menjadi besar dan makan sedikit lemak akan membantu mengurangi berat badan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template