Headlines News :
Home » » Anjing Trah - Siberian Husky

Anjing Trah - Siberian Husky

Written By Muhammad Yusuf on Sunday, June 26, 2011 | 9:04 AM

Siberian Husky sebenarnya adalah jenis anjing trah yang cukup tua dan merupakan trah murni yang dibiakkan di Siberia oleh suku Chukchi, sebuah suku asal Asia Tengah, selama kurun waktu ratusan tahun. Ketika terjadi demam emas di Alaska, anjing ini banyak dipakai untuk alat transportasi, yaitu untuk menarik kereta salju, yang merupakan alat transportasi satu-satunya di wilayah yang tertutup hamparan salju tersebut.
Selain itu, anjing ini juga dipakai untuk taruhan balap anjing. Oleh sebab itu, Siberian husky diciptakan dengan memiliki perpaduan seimbang antara kekuatan, kecepatan, dan stamina yang sangat prima, karena hal itu sangat dibutuhkan di daerah beriklim ekstrim sepeti Alaska.  Trah ini pertama kali dikenal luas pada tahun 1909, dimana saat itu pandangan dunia tertuju pada suatu turnamen khusus untuk anjing-anjing penarik kereta salju yang menempuh jarak 408 mil (657 km), dengan rute bolak-balik antara Nome dan Cadle di Alaska. Anjing ini berhasil meraih tempat bergengsi, yaitu juara pertama, kedua dan ke empat.
Sejak saat itu, Siberian husky menjadi anjing yang disegani di arena balap anjing. Popularitasnya juga terus menanjak dan menjadi trah legendaris. Juga selain itu pada waktu Perang Dunia II, anjing ini banyak berjasa sebagai unit SAR wilayah Artik Pasukan Amerika Serikat. Sejak saat itulah, Siberian Husky menjadi anjing trah yang populer, terutama sebagai anjing penarik kereta salju yang dapat diandalkan. 
Karakteristik
Siberian Husky dikenal sebagai anjing yang jinak secara alami dan merupakan jenis yang paling jinak dari keluarga anjing penarik kereta salju. Umumnya anjing ini bisa berhubungan cukup baik dengan anjing dari trah lain. Husky adalah anjing yang memiliki intelijensi tinggi dam mudah dilatih dengan kasih sayang dan pujian. Bila Husk dibutuhkan untuk anjing pekerja, maka kita harus melatihnya dengan tangan dingin, tetapi dia akan berubahmenjadi agresif jika merasa takut.
Anjing dari daerah dingin ini membutuhkan latihan yang cukup banyak, agar mereka tetap dalam kondisi top form, tetapi jangan sampai membiarkan mereka kepanasan. Untuk berkomunikasi dengan sesamanya di habita aslinya, mereka akan melonglong sepeti serigala. Meski Husky memiliki bulu yang tebal, mereka tidak membutuhkan perawatan yang extra. Yang perlu diperhatikan adalah pada saat rontok bulu.
Perawatan
Memelihara Siberian Husky di daerah beriklim tropis seperi di Indonesia ini, dibutuhkan proses adaptasi. Adaptasinya membutuhkan waktu selama 2-3 minggu. Husky jantan boleh dipacakkan setelah umur 2 tahum, dan selama masa perkawinan berikan makanan untuk anjing dewasa, seperti dog food, daging sapi, setengah matang, dan sedikit nasi. Pemberian nasi bertujuan untuk mengurangi panas dan kegemukan. Pemberian pakan sebaiknya diberikan dua kali sehari, pagi dan sore. Porsi makanan yang diberikan per ekor adalah sebanyak 2-3 ons sekali makan.
Pelatihan
  Pelatihan untuk Siberian Husky sebaiknya diberikan setiap hari. Pagi hari dilakukan latihan selama satu jam, dan jenis latihan yang diberikan tergantung tujuannya, apakah untuk pameran atau uji ketangkasan. Pelatihan dimulai dengan berjalan ringan, lari dan ketrampilan, seperti menggigit benda, melompat, bersalaman, penyerangan dan sebagainya. Kegunaan dari latihan ketrampilan ini adalah untuk mengasah kecerdasan dan untuk menjaga kondisi kesehatan anjing agar tetap prima.
Standarisasi
Siberian Husky adalah anjing trah Spitz atau anjing-anjing utara, tubuhnya berukuran medium, dengan langkah kaki yang ringan dan gaya berjalan yang anggun, bertenaga dan bebas. Tubuhnya berbentuk kompak, bulu mengkilap dan bertelinga tegak. Sekilas anjing yang bernama asli sibirskiy haski ini memiliki banyak kesamaan dengan Alaskan Malamute, dan juga dengan beberapa kerabat dekatnya di keluarga Spitz seperti Samoyed, yang memang memiliki sejarah yang sama dengan Husky. Siberian usky memiliki tengkorak berukuran medium dan sesuai proporsi tubuh, sedikit bulat pada bagian atas kepala dan kemudian meruncing ke dalam di bagian mata.
Moncong berukuran medium; jarak antara ujung hidung ke stop sama dengan jarak dari stop ke occiput. Hidung berwarna hitam untuk Husky berbulu hitam, coklat kemerahan atau abu-abu. Hidung berwarna liver untuk anjing berbulu copper, dan hidung berwarna daging segar untuk anjing berbulu putih. Gigi harus mengatup rapat dan gigitan scissor bite. Mata berbentuk almond, sedikit lebar, dengan warna mata coklat atau biru. Telinga Siberian Husky berbentuk segitiga tegak dan terketak agak ke belakang;berukuran medium; terletak di atas kepala; daun telinga tebal, berbulu halus.
Panjang leher medium dan terangkat tegak pada saat berjalan. Ketika berlari, kepala sedikit ke depan. Dada harus bidang dan kuat, tetapi tidak terlalu lebar. Tulang rusuk berbentuk bagus dari tulang punggung dan mendatar untuk keleluasaan bergerak, pararel dan lurus, dengan siku dekat dengan tubuh. Ketika dilihat dari samping, pastern sedikit miring dengan tulang sendi pastern kuat dan fleksibel. Panjang kaki depan jika diukur dari siku sampai tanah sedikit lebih panjang dari jarak dari siku ke puncak withers. Telapak kaki berbentuk oval dan tidak panjang, kaki berukuran medium dan kompak. Di antara jari dan telapak kaki di tumbuhi bulu, telapak kaki keras dan padat. Kaki tidak bengkok ke dalam atay keluar saat sedang bediri. Jika di lihat dari belakang saat berdiri, jarak antara kaki belakang sedikit berjarak dan pararel, paha atas berotot bagus dan kuat, stifle melipat; tulang sendi tegas dan terletak rendah di atas tanah. Bentuk ekor seperti ekor Rubah, terletak di bawah level topline; ekor biasanya akan terangkat ke atas ketika anjing sedang memperhatikan sesuatu, dan ketika ekor terangkat tidak melengkung ke salah satu sisi. Bulu ekor memiliki panjang medium dan bagus.
Seperti halnya anjing-anjing utara, Husky juga memiliki dua lapisan bulu. Bulu bagian luar memiliki panjang medium, dengan bulu bagian bawah halus dan tebal, serta memiliki panjang cukup untukmendukung bulu bagia luar. Warna bulu yang di izinkan adalah segala macam warna, mulai dari hitam sampai putih, semuannya dengan bulu putih, atau tanpa bulu putih. Tinggi ideal Siberian Husky jantan adalah 52,5-58,75 cm, betina 50-55 cm. anjing jantan memiliki berat badan sekitar 27 kg, betina sekitar 22,5 kg.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template