Headlines News :
Home » » 4 cara memilih kambing perah yang baik

4 cara memilih kambing perah yang baik

Written By Muhammad Yusuf on Wednesday, June 15, 2011 | 10:24 PM


Berikut adalah 4 cara memilih kambing perah yang baik,  bagi rekan-rekan lain yang mempunyai pengalaman lebih, silahkan di share di mari pengalaman nya supaya bermanfaat bagi yang lain.
gambar bodi kambing 4 cara memilih kambing perah yang baik
  1. Perhatikan ukuran tubuh kambing tersebut,  kambing yang besar akan memiliki kemungkinan yang lebih besar dalam menghasilkan susu yang lebih banyak dibandingkan kambing yang berukuran lebih kecil. Bagi kambing perah ( kambing saanentoggenburgAnglo Nubian ) pilih yang kira-kira beratnya 42kg dan tingginya sekitar 67cm. Untuk kambing Peranakan Ettawa (P.E) betina pilihlah yang beratnya minimal 20kg.
  2. Kemudian lihat bagian bagian tubuh kambing tersebut, jangan sampai ada cacatnya. Matanya haruslah bersinar, tidak sayu.
  3. Ini yang sangat jarang diperhatikan. Kambing memiliki kepribadian, atau ekspresi. Pilihlah kambing yang jinak dan ramah, sehingga memudahkan untuk diperah.  Juga pilih kambing yang gerakannya lincah dan aktif bergerak, menandakan bahwa kambing tersebut sehat
  4. Lihatlah dengan cermat bagian Ambing.
ambing saanen 4 cara memilih kambing perah yang baik

  • Ambing adalah Organ dimana dihasilkan susu. Ambing tersebut sebetulnya adalah kelanjar penghasil susu. Ambing atau dalam bahasa inggris disebut Udder tersebut memiliki 2 bagian. Yaitu tempat penampung ( cistern ), dan tempat mengeluarkan susu atau lubang susu yang disebut putting ambing (teat).
  • Ambing yang baik adalah : Ambing yang kencang lulit luarnya, dan tidak jatuh atau lemas. Ambing yang lemas akan menyulitkan ketika diperah dan biasanya mengganggu kambing ketika berjalan. Ambing yang lemas tersebut akan mudah terluka. Luka tersebut disebut mastitis, sering terjadi juga akibat disusu  olehcempe dan akibat dari gerakan si kambing sendiri.  Semakin bertambah umur si kambing maka ambingnya juga akan semakin turun ke bawah.  Dalam dunia peternakan criteria ambing disebut dengan Udder depth. Hal ini dapat dilihat dari jarak antar bagian bawah ambing dengan lutut kambing.
  • Produksi susu juga dipengaruhi oleh volume ambing. Volume ambing dapat dihitung dengan c ara melihat perbandingan antara diameter horizontal dan vertikal, ambing yang berbentuk mendekati bulat adalah yang terbaik.
  • Kedua bagian dari ambing seperti yang tersebut diatas, yaitu penampung dan puting haruslah memiliki perbandingan besar yang sama.
  • Pilihlah bagian puting yang besar dan panjang sehingga memudahkan anda dalam memerah. Makin tua umur kambing makin besar pula puting nya
Demikian 4 cara memilih kambing perah yang baik, dari kami. masih banyak kekurangannya, mohon tambahan dari para pembaca
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template