Headlines News :
Home » » MANFAAT EKSTRAK IKAN KOTES / KUTHUK

MANFAAT EKSTRAK IKAN KOTES / KUTHUK

Written By Muhammad Yusuf on Friday, July 1, 2011 | 10:58 PM

653155_gabus1
Ketika masih sekolah menengah pertama setiap sepulang sekolah habis makan siang aku suka sekali kluyuran main  menelusuri sungai-sungai  yg mengalir dari kaki gunung Ungaran untuk sekedar berburu mencari ikan. dengan menggunakan alat pancing seadanya, Meski sering dimarahi orang tua kadang pulang sampai sore membawa hasil tangkapan ikan Lele, Tawes, Mujahir, Kotes atau Kuthuk, jenis ikan yang ini sering tak pernah saya bawa pulang, ceriteranya  ketika itu setiap membawa hasil buruan ikan Kuthuk di tengah jalan mesti dibeli oleh seorang Ibu setengah baya dengan harga cukup lumayan waktu itu, nggak tahu mengapa Ibu itu yang dibeli kok cuma ikan Kotes/Kuthuk, katanya untuk obat saudaranya yang sedang sakit serius. Nggak peduli aku mau diolah digoreng untuk lauk keluarganya apa untuk obat yang penting aku dapat uang untuk sebagian ditabung dan jajan besok paginya disekolah.. Ketika itu sempat aku tanyakan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa dijadikan obat pada Ibu tersebut, katanya setelah ikan Kotes/Kuthuk dicuci dibuang sisik dan jerohannya disayat  secara vertical dari kepala sampai ekor, setelah itu baru daging sayatan tadi dikukus, setelah dikukus hingga keluar minyak/ekstrak ikan ditampung dalam wadah untuk disimpan ditempat beku. siap dipergunakan.
ikangabusTernyata Ikan Kuthuk atau Ikan Kotes, Gabus, Haruan, Kocolan, Aruan, Bogo dan banyak nama-nama lokal lainnya, ikan ini termasuk Jenis ikan buas  yang hidup di air tawar dengan  nama latinnya Ophiocephalus striatus  sebutan dalam bahasa inggris Common
Snakehead memang bentuk kepalanya serem persis kepala ular.badannya agak bulat, ikan ini bisa hidup di air berkadar Oksigen rendah. Ekstrak Ikan Kuthuk ini banyak sekali khasiatnya berguna sekali dalam membantu meningkatkan kadar albumin dan Daya Tahan Tubuh, mempercepat proses penyembuhan pasca operasi dan ibu-ibu habis persalinan, membantu proses penyembuhan Luka Dalam. Hampir semua pasien yang berkadar albumin rendah yang diberi ekstrak ikan kuthuk ini  naik lebih cepat dari pada pemberian albumin melalui infus, bahkan pasien dengan albumin rendah yang diikuti dengan komplikasi penyakit seperti Hepatitis, TBC/Infeksi Paru,Typus, Diabetes, Patah tulang, Gizi buruk, Stroke, kondisinya bisa lebih baik dengan pemberian ekstrak ikan Kuthuk..
Albumin merupakan jenis protein terbanyak dalam plasma mencapai kadar 60 %  manfaatnya untuk membantu pembentukan jaringan sel baru, dalam ilmu kedokteran digunakan untuk mempercepat pemulihan jaringan tubuh yang terbelah / rusak. Ekstrak Ikan Kuthuk sekarang sudah banyak diproduksi dalam bentuk Ekstrak Filtrate (cair) dan  kantong sachet plastic 50 ml dalam kondisi beku (nunuk). 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template