Headlines News :
Home » » Ikan Dokter

Ikan Dokter

Written By Muhammad Yusuf on Sunday, July 24, 2011 | 3:06 AM


Famili : Labridae
Genus : Labroides
Spesies : Labroides Dimiatus
Group : Wrasse Fishes
Name : Cleaner Wrasse
Dokter merupakan salah satu ikan penghuni karang sejati. Ikan ini dikenal dengan nama ikan dokter karena sifat dari keluarga ikan ini (baca : Wrasse) adalah ikan pembersih, ikan ini sering terlihat sedang membersihkan tubuh ikan lain yang berukuran lebih besar dengan cara memakan parasit yang tumbuh.
Tubuh ikan ini memanjang dengan ciri khas pola warna putih dan biru, ada pula yang memiliki corak tambahan berwarna kuning dengan harga jual di pasaran yang sedikit lebih mahal. Ikan ini sangat baik untuk dipelihara, terutama apabila kita memelihara ikan – ikan hias mahal yang berukuran cukup besar, selain bermanfaat ikan ini juga mudah memakan pakan apapun yang kita berikan, baik itu pakan awetan ataupun pakan segar.
Satu lagi keunikan dari ikan dokter, ikan ini sering terlihat lemas dan pura – pura mati di dasar aquarium atau pada dinding karang yang landai. Ikan ini juga sering menghilang beberapa hari, menurut literatur yang pernah saya baca, umumnya ikan ini bersembunyi di bawah pasir untuk beristirahat.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template