Headlines News :
Home » » Fakta Menarik Tentang Itik

Fakta Menarik Tentang Itik

Written By Muhammad Yusuf on Friday, January 27, 2012 | 9:46 PM


Itik merupakan unggas yang memiliki sifat aquatik, yaitu suka dengan air. Hal ini ditunjang oleh bulu-bulu yang tebal dan berminyak yang berfungsi untuk melindungi tubuh saat berada di air. Itik termasuk hewan pemakan segala makanan (omonuvorus), mulai dari biji-bijian, rumput, umbi hingga hewan kecil seperti keong, ikan, serangga, dan  belut. Sifat khas itik adalah bentuk kaki yang pendek, kuat dengan jari-jari kaki dihubungkan oleh selaput renang. Menurut sejarah pustaka, nenek moyang hampir semua itik adalah itik liar (Anas moscha) atau wild mallard keculai itik muscovy. Itik liar yang termasuk dalam ordo Anatidae berasal dari Amerika utara. Selanjutnya itik liar ini didomestikasi sehingga dikenalah itik yang dipelihara (Anas domesticus). Dalam kehidupan di habitatnya, itik bersifat monogamus (berpasangan) tetapi setelah di domestikasi itik bersifat poligamus.

Unggas ini merupakan penerbang yang kuat, ia memilik sayap pendek dengan otot sayap yang kuat. Pada pergantian musim, itik bermigrasi dari wilayah utara ke selatan untuk berkembang biak. Mereka memiliki daya adaptasi yang luas dan dapat hidup di daerah tropis dan sub tropis.

Nama Ilmiah
Anas platyrhynchos

Bebek Mallard  (Anas platyrhynchos)
Itik mallard atau itik liar (Anas platyrhynchos) adalah bebek berkecimpung dan merupakan leluhur dari semua bebek domestik kecuali muscovy duck dan dapat kawin silang dengan spesies lain dari genus Anas. Dalam habitatnya, itik liar ini hidup berpasangan dengan jumlah telur per tahun hanya beberapa belas butir saja. Mereka hidup dari satu tempat ke tampat lain dan dari satu musim ke musim lain untuk berkembang biak.

Bebek Muscovy (Cairina moshata)
Nama ilmiah bebek muscovy adalah Cairina moschata berasal dari Amerika Selatan, Meksico dan Amerika Tengah. Mereka memiliki tubuh yang besar, cakar yang tajam serta selaput renang pada kaki. Mereka dapat ditemukan bertengger di pepohonan di sepanjang sungai dan kawasan hutan.

Itik Domestik (Anas domestic)
Kebanyakan itik domestik adalah turunan dari itik liar, keculai muscovy. Terdapat berbagai bangsa itik, baik itik yang bersifat ornamental (hewan eksotik) maupun yang di ternak. Budidaya bebek domestik umumnya untuk diambil telur dan daging sebagai bahan makanan ataupun sebagai itik hias.

Fakta menarik bebek
Berburu Itik
Berburu unggas air adalah kegiatan berburu bebek, angsa atau unggas air lainnya baik untuk dimakan juga sebagai olahraga yang dilakukan di luar ruangan. Di Inggris kegiatan ini disebut wildfowling. Di mancanegara, berburu bebek dilakukan dengan menggunakan umpan ataupun alat pemanggil itik serta teknik menembak bebek lainnya.

Wisata Bebek
Wisata bebek adalah wisata di dearah pelabuhan, sungai dan danau dengan menggunakan bus amfibi atau kendaraan militer DUKW dengan pengemudi yang menggunakan kostum, topi yang lucu dan menarik. Wisata bebek dapat ditemukan di beberapa kota seperti Boston, Washinton Dc, Liverpool, London, Singapure, Seattle dan lain-lain.

Naik Bebek
Naik bebek adalah wisata nasional dengan daya tarik wisata eponymous di beberapa kota Amerika seperti San Francisco, Branson, Wisconsin, Kentucky, Philadelpia, Georgia, Stone Mountain Park dan Newport dengan menggunakan kendaraan amfibi yang dijuluki “bebek”.

Kolam Bebek
Kolam bebek merupakan tempat yang disediakan untuk unggas air sebagai tempat mandi dan minum berbentuk dan oval dan ada yang dilengkapi dengan sarang. Kolam-kolam dibuat dengan tujuan untuk menarik itik seperti mallard. Beberapa kolam dibuat khusus untuk olahraga berburu itik.

Permainan Bebek
Berbagai permainan yang memilik makna bebek seperti : Fuzzy duck (permainan minum), Bebek, Bebek, Angsa (permainan tradisional anak saat masuk pra sekolah atau TK), The duck game (serangkaian  pertanyaan dan jawaban yang diulang), Duck Hunt (permainan video Nintendo Famicom atau Nintendo Entertaiment System dengan sistem konsol permainan di mana pemain menggunakan Zapper SPN untuk menembak drake Mallard.

Produck
Bebek karet adalah mainan berbentuk seperti bergaya bebek yang berwarna kuning dengan dasar datar.

Duck tape yaitu kain dengan polietilen yang  digunakan sebagai perekat yang tahan air.

Mascot
Universitas Oregon yang dikenal dengan The Oregon Duck

Tokoh kartun 
Donal Bebek adalah salah satu karakter Disney yang paling populer dengan pakaian pelaut dan memiliki kepribadian yang mudah terprovokasi.

Duck Dodgers  adalah animasi serial tv di Amerika, yang dibintangi Duffy Duck dan diproduksi oleh Warner Bros Animasi 2003-2006.

Nama Club, Organisasi, Daerah, Rumah Makan
Anaheim Duck (Tim Hoki es Profesional) di Anaheim, California, USA
Oregon Duck (Tim olahraga) dari Universitas of Oregon, Eugene, Oregon, USA
Duck Unlimited adalah sebuah organisasi non-profit internasional untuk konversi dari lahan basah dan habitat unggas air serta satwa liar lainnya. Saat ini memiliki sekitar 780.000 anggota di Amerika serikat dan Kanada.
Bebek, Istambul merupakan salah satu daerah terkaya di Istambul, terletak di tepi Eropa Boshorus.
Duckfat adalah sebuah toko sandwich di Portland, Maime, Belgia
Demikianlah beberapa fakta menarik tentang itik dari berbagai fakta itik lainya, semoga bermanfaat.

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template