Headlines News :
Home » » TIPS MEMBELI LANDAK MINI

TIPS MEMBELI LANDAK MINI

Written By Muhammad Yusuf on Saturday, September 17, 2011 | 6:02 PM

Dimana saya bisa membeli hedgehog?
Disarankan, membeli hewan peliharaan dari peternak daripada di toko hewan. Tapi jika anda membeli di pet shop pada akhirnya, jangan lupa tanyakan informasi akan tanggal lahir atau umurnya. Dan pastikan hedgehog atau pet apapun dalam kondisi fit.
Kalau beli 1 apakah tidak kesepian?
Anda tidak perlu pusing untuk membeli 2 ekor hedgehog, karena pada dasarnya mereka hidup menyendiri atau solitaire yang artinya anda bisa memelihara hanya 1 ekor landak dan berani jamin, si landak susu tidak akan kesepian atau mencoba kabur. Dan umumnya mereka tidak suka bersama-sama dalam satu kandang.
Jangan pernah membeli jantan dan betina untuk ditaruh dalam satu kandang jika anda tidak mau mengembang-biakan. Hedgehog siap untuk berkembang-biak paling cepat 8 minggu tetapi sebaiknya betina jangan diternak sebelum umur 5 bulan, jadi berhati-hatilah.
Watak Hedgehog. Ini adalah salah satu yang penting dan sebaiknya menjadi satu faktor keputusan apakah anda akan membeli hewan itu atau tidak. Setelah memilih salah satu calon, telitilah dengan baik. Apakah dia membuka gulungan setelah beberapa detik? Apakah dia mengklik, lompat atau mendesis? Mendesis tidak apa-apa. Dia hanya sedikit takut terancam anda karena dia tidak mengenal anda. Tetapi mengklik berarti dia mencoba mengancam anda.
Sikap ini tidak dapat diterima dan sebaiknya anda mencari hedgehog lainnya yang sifatnya lebih baik. Setiap hedgehog berbeda dan unik. Beberapa suka bermain dan bertualang, sedangkan yang lain mungkin lebih suka dielus dan dipeluk. Anda akan lebih puas dengan hewan peliharaan anda yang baru jika anda memilih salah satu yang sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup anda.
Memilih hedgehog yang sehat.
* Apakah matanya baik, bulat, bercahaya, terbuka lebar dan bersinar tanpa cairan?
* Apakah hidungnya bersih dan tidak meler atau tidak kering kusam?
* Apakah telinganya pendek, bersih tanpa ada kotoran atau lapisan keras dibelakangnya? Seringkali telinga dikunyah oleh anaknya. Selama telinganya telah sembuh maka ini tidak perlu dikhawatirkan.
* Apakah bulu rambut pada perutnya halus dan tidak kusut maupun ada kotoran yg menempel ataupun kerak?
* Periksa kandangnya, apakah kehijauan atau ada bekas diare?
* Apakah badan hedgehognya gemuk? (bukan lemak)
* Taruhlah ditempat yang datar seperti meja dan lihat dia berjalan. Apakah dia terhuyung-huyung atau kesulitan untuk tetap tegak?
* Apakah anda mendengar derikan pada saat dia bernafas? (Jangan buat kekeliruan, hedgehod berkomunikasi dengan mengeluarkan bunyi seperti chirping(siulan), purring atau cheeping untuk bunyi derik radang paru-paru.
Jenis kelamin hedgehog
Betina dan jantan keduanya sama dapat menjadi hewan peliharaan yang baik jadi keputusan ini tergantung pada anda sendiri. Anda dapat cepat membedakan jantan atau betina. Jika hedgehog jinak dan bersahabat, perlahan putar roll over dan lihat ke daerah ekornya. Alat kelamin betina dekat dengan anus, sementara alat kelamin jantan agak keatas perutnya. Jaraknya kurang lebih 1,5 cm pada anak/hoglet jantan. Tetapi, jarak ini bertambah menjadi 2 cm atau lebih pada saat dewasa. (Silahkan lihat gambar perbedaan jenis kelamin pada blog sebelah )
Umur berapa sebaiknya sebelum hedgehog dapat di bawah pulang ke rumah?
Jangan pernah membawa pulang ke rumah sebelum umurnya paling sedikit enam minggu. Hedgehog yang lebih tua juga boleh, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa hedgehog muda, lebih baik kesempatannya menjalin ikatan dengan anda.
Setelah itu, jangan pusing dengan cara menjinak’kannya. Sering2lah ajak dia bermain. Jangan mengagetkan landak dengan menyentuhnya secara tiba2 dari bagian atas. Kemungkinan besar saat dia kaget, dia akan membola. Letakkan tangan anda di depan wajahnya atau dari bagian samping sehingga dia dapat melihat dan mencium tangan anda. Mulailah dengan mengelus bulu halusnya dibagian samping tubuh.
Setelah landak mulai terbiasa, beranikan diri untuk mengangkat landak, sekali lagi jangan mengagetkan, raih tubuhnya dari bagian samping dan mulai untuk hand feeding (memberi makan langsung dari tangan) atau mengajaknya bermain diluar kandang
Share this article :

1 comment:

  1. Jantan dengan jantan lain ibu bapa, bolehkah sama sangkar?

    ReplyDelete

Sponsor

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dunia Binatang - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template